Pedoman Penulisan Artikel

  1. Naskah yang dikirim kepada redaksi tidak sedang diajukan untuk dimuat dan atau belum pernah dimuat pada media cetak atau jurnal ilmiah lainnya.
  2. Naskah diketik dengan menggunakan Microsoft Word dan diserahkan dalam bentuk soft file dan print out (1 rangkap). Naskah diketik dengan spasi satu, memakai huruf Arial ukuran 10, batas margin 3 cm, jumlah halaman 8–10 halaman pada kertas ukuran kuarto.
  3. Naskah dilengkapi dengan abstrak terstruktur (250-300 kata) dan 3–10 kata kunci (key words). Abstrak dicantumkan di bawah nama penulis, dalam bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan dalam bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris. Komponen abstrak terdiri dari Background (Latar Belakang), Objective (Tujuan), Method (Metode), Results (Hasil), dan Conclusion (Kesimpulan). Sebagai acuan untuk key words dapat digunakan Index Medicus.
  4. Judul naskah tidak lebih dari 15 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia dan 10 kata bahasa Inggris. Judul yang panjang dipecah menjadi anak judul.
  5. Naskah terdiri dari subjudul Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Rujukan.
  6. Nama penulis (tidak disertai gelar kesarjanaan) ditulis di bawah judul, diberi nomor di belakang nama penulis untuk pencantuman asal alamat institusi.
  7. Penulis dianjurkan untuk mencantumkan alamat lengkap dan e-mail untuk memudahkan korespondensi.
  8. Penulisan rujukan menggunakan sistem harvard, nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis.
  9. Tabel dan ilustrasi harus diberi judul dan keterangan yang cukup. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan judul gambar ditempatkan di bawah gambar.
  10. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  11. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  12. Penulis di luar institusi Jurusan Gizi Poltekkes Makassar yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya cetak yang ditentukan redaksi tiap judul dan akan menerima bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar beserta cetak lepasnya.

ALAMAT PENGIRIMAN NASKAH

Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Makassar, Jl. Paccerakkang Km. 14 Daya. Tlp/Fax. 0411-510197
E-mail : gizidaya@yahoo.co.id; CC : manjilala@yahoo.co.id dan dimin_rangga@yahoo.co.id

Leave a comment